Friday, July 27, 2012

RW Net,SELURUH KANTOR RW DI BANDUNG AKAN MEMILIKI HOTSPOT

Seluruh Kantor RW di Bandung akan Memiliki Hotspot
Sebanyak 1.563 kantor RW di seluruh Kota Bandung akan dipasang hotspot. Pemasangan ini dalam rangka menyiapkan Bandung sebagai Cyber City. Fasilitas ini diklaim Pemkot Bandung pertama kali di Indonesia bahkan di dunia.


Pemasangan hotspot ini rencananya akan menggandeng PT Telkom untuk menyediakan akses internet. "Penyediaan hotspot ini sebagai upaya agar warga bisa mendapatkan akses informasi secara maksimal melalui jaringan internet,"jelas Sekretaris Daerah Kota Bandung, Edi Siswandi, seusai pemaparan mengenai RW-Net di Kantor Kecamatan Bandung Wetan, Jalan Tamansari,? Selasa (23/7).
Selain sebagai akses informasi, hotspot di setiap RW ini juga nantinya disinergikan dengan program RW-Net yang berfungsi sebagai e-Payment atau pembayaran elektronik. "Sudah disinergikan dengan program sebelumnya RW Net yang menyediakan layanan pembayaran elektronik seperti bayar iuran ke PD Pasar, PDAM juga bisa beli token PLN," ujarnya.


Kehadiran RW net ini juga, jelasnya, dapat menambah penghasilan bagi RW-RW yang melakukan pengelolaannya. "Juga mempermudah warga bila kehabisan listrik bisa beli di RW, sedangkan kalau beli ke PLN pada malam hari kan sudah pasti tutup. Dengan begini bisa memudahkan warga," jelasnya.


RW Net mempermudah akses informasi antara warga dan pemangku kebijakan jajaran Pemkot Bandung. "Akses informasi yang disampaikan warga berupa keluhan dan masukan bisa dipantau langsung oleh Wali Kota, Wakil dan tentunya Sekda," jelasnya. Maka, pimpinan Pemkot Bandung pun bisa menilai Kepala SKPD mana yang bisa merespon cepat keluhan warga tersebut.


Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan Sosial, Budaya dan Kesra Bappeda Kota Bandung Soni Bakhtiyar mengakui saat ini pihaknya bersama Telkom tengah menyiapkan segala infrastrukturnya. "Kita terus siapkan seluruh infrastruknya agar pada Oktober mendatang bisa tersinergikan dengan baik,"jelas Soni.


Selain RW Net, jelas Soni, Pemkot Bandung dan Telkom akan membuat taman pintar. "Kita bangun fasilitas internet di taman-taman kota yang sudah ada dan kita namakan dengan taman pintar," ujarnya. Menurutnya, semua perawatannya fasilitas tersebut sudah dijamin oleh Telkom.

No comments:

Post a Comment