Tuesday, November 13, 2012

50 Film Eropa Diputar di EoS 2012

Europe on Screen  2012 atau Festival Film Eropa 2012 kembali dihelat di Jakarta mulai 25 November sampai 1 Desember 2012. EoS akan memutar 50 film yang berasal dari 31 negara di kawasan Eropa.

Sebanyak 50 film tersebut terdiri dari 34 fiksi dan 16 dokumenter. Ada tiga tema besar dalam film yang akan diputar, yakni "Xtra" di mana film-film ternama yang meraih penghargaan seperti Rare Exports,  Hell, The Heineken Kidnapiing dan masih banyak lagi.

Lalu ada "Discovery", meski dari sutradara dan pemain film yang belum mendunia. Orlow Seunke, Direktur Festival Film Europe on Screen (EoS) 2012 tak kalah berkualitas dengan "Xtra". "Di 'Discovery' juga terdapat banyak genre dan yang tak kalah penting film-filmnya juga bagus dan menghibur," kata Seunke saat mengadakan jumpa pers di Midplaza Hotel, Sudirman, Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Terakhir ada "Docu", yang akan menghadirkan 16 film dokumenter. Salah satunya adalah Afghan Star, yang menceritakan tentang kontes menyanyi di Afganistan. Akan tetapi, tak semudah kelihatannya, peserta harus bisa menahan segala tekanan di negara konflik tersebut. Meski bersifat dokumenter, film berdurasi 87 menit itu rasanya asyik dinikmati.

Seunke mengatakan bahwa akan ada enam lokasi yang akan menjadi pusat pemutaran film Eropa, yaitu Erasmus Huis, Geothehaus, Institut Francais Indonesia (IFI), Istituto Italiano Di Cultura (IIC), Kineforum Jakarta, dan Blitz Megaplex Grand Indonesia. Untuk detail jadwal juga bisa dicek di akun Twitter @europeonscreen.

No comments:

Post a Comment